DESAIN PEMBELAJARAN PPKN BERBASIS NILAI KEHIDUPAN (by Prof. Dr. Kokom Komalasari, M.Pd)

  • Masalah -> Perubahan tata nilai kehidupan masyarakat menyebabkan penurunan kualitas karakter di kalangan generasi muda (Lickona, 1991; Megawangi, 2004)
    1. Meningkatnya kekerasan di kalangan remaja
    2. Penggunaan bahasa & kata-kata yang memburuk
    3. Dst
  • Solusi
    1. Optimalisasi PKN dalam kerangka “nation and character building
    2. Integrasi nilai-nilai kehidupan & prinsip living values education dalam pembelajaran PKN
      • Tujuan – materi – Metode – Media & Sumber – Evaluasi -> Tujuan (kembali ke awal sebagai siklus)
    3. Research & Development (2012 – 2020) -> 15 jurnal termasuk SCOPUS, HAVCL, buku referensi.
      • Prinsip-prinsip Living Values Education:
        1. Refleksi internal
        2. Penerimaan informasi
        3. Eksplorasi nilai-nilai dalam kehidupan nyata
        4. Diskusi
        5. Eksplorasi ide & gagasan
        6. Ekspresi kreatif
        7. Pengembangan keterampilan, sosial, emosional, & komunikasi interpersonal
        8. Dalam konteks individu, masyarakat, negara, dan dunia
        9. Transfer of learning
  • Pembelajaran jarak jauh
    • Pembelajaran dari jarak jauh, tanpa ruang kelas secara fisik, di mana peserta didik dengan guru berada di lokasi berbeda, sehingga diperlukan sistem telekomunikasi interaktif agar terhubung secara efektif.
  • Living values education dalam pembelajaran
    • Pendidikan karakter yang menekankan prinsip belajar is menyenangkan. Aktivitas nilai yang dibelajarkan di kelas bisa berbentuk latihan resolusi konflik, diskusi, kegiatan artistik, …
  • Interaksi Living Values Education dalam Tahapan Pembelajaran
    1. Kegiatan Pendahuluan
      • Kontrak Kelas Berkarakter
        1. Curah pendapat terkait karakter yang harus dikembangkan di kelas
        2. Membangun komitmen untuk berkarakter tersebut
        3. Pembuatan aturan kelas
    2. Kegiatan Membuka Pembelajaran
      1. Apersepsi melalui refleksi internal (pengertian nilai karakter dengan materi yang akan dipelajari) melalui story teller, dll
      2. Penyampaian tujuan pembelajaran (C-A-P) & perencanaan kegiatan pembelajaran
    3. Kegiatan Inti
      1. Penggalian & klarifikasi nilai karakter
      2. Penerimaan informasi fakta-konsep-prinsip-prosedur melalui pembelajaran saintifik-kontekstual (inquiry, dll)
      3. Ekspresi kreatif (yel-yel, menyanyi, bermusik, dsb)
      4. Pembiasaan nilai (keteladanan, teguran, penghargaan)
    4. Kegiatan Penutup
      1. Membuat rangkuman
      2. Memahami berbagai kualitas positif individu & mengembangkan kepercayaan diri melalui video atau cerita motivasi
      3. Latihan relaksasi / pemusatan perhatian untuk ‘merasakan’ nilai-nilai
      4. Refleksi

MEDIA PEMBELAJARAN PKN BERBASIS NILAI DALAM PEMBELAJARAN DIGITAL (by Rahmat)

  • Komponen-komponen dalam pembelajaran
    • Materi, Metode -> Digital, Media (keharusan vs kenyataan), Evaluasi, Tujuan
  • Peranan Media Pembelajaran
    • Media -> bentuk jamak dari Medium (latin) -> perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima
      • (Gambar bisa dilihat di bawah)
    • Fungsi media pembelajaran -> sebagai a tool of teaching -> untuk memberikan kemudahan & meningkatkan pemahaman, serdik/guru.
  • Beberapa arti media pembelajaran
    • Menurut istilah, media adalah segala bentuk / saluran yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi
  • Keterampilan yang perlu dimiliki dalam media
    • Membedakan ciri khas berbagai media, kelebihan & kekurangannya
    • Memilih media yang tepat untuk kegiatan pembelajaran
    • Memproduksi media yang tepat untuk kegiatan pembelajaran
    • Menggunakan media pembelajaran
    • Mengevaluasi efektivitas penggunaan media
  • Nilai Praktis Media
    • Memvisualkan yang abstrak (animasi peredaran darah)
    • Membawa objek yang sukar didapat (binatang buas / berbahaya)
    • Membawa objek yang terlalu besar (gunung, pasar)
    • Memungkinkan keseragaman pengalaman
    • Mengurangi risiko apabila objek berbahaya
    • Menyajikan informasi yang konsisten, serempak & dapat diulang sesuai dengan kebutuhan
    • Membangkitkan motivasi belajar
    • Dapat disajikan dengan menarik & variatif
    • Mengatasi keterbatasan ruang & waktu, dll -> rekaman
  • Pemilihan Media
    • Kriteria Pemilihan Media:
      1. Tujuan
        • Penggunaan Media (instruksional, informasi, hiburan)
        • Kategori pembelajaran yang ingin dicapai:
          • Kognitif: berdasarkan pengetahuan faktual yang empiris (pengalaman)
          • Afektif: melibatkan perasaan & emosi
          • Psikomotor: berhubungan dengan aktivitas fisik
      2. Sasaran (karakter, jumlah, latar belakang, motivasi)
      3. Waktu (pembuatan, penyajian)
      4. Ketersediaan (pengembangan, peralatan)
      5. Biaya
      6. Karakteristik media (kelebihan & kelemahan)
      7. Mutu teknis (visual, audio)
  • Jenis materi PKN
    • Fakta
    • Konsep / Teori
    • Prosedur
    • Prinsip / Dalil
  • Kerucut Pengalaman
https://retizen.republika.co.id/posts/14759/teori-kerucut-pengalaman-dari-edgar-dale
  • Langkah pengembangan media menurut Arif Sadiman, dkk
    • Menganalisis kebutuhan & karakteristik siswa
    • Merumuskan tujuan pembelajaran (sesuai KI, KD, IPK)
    • Merumuskan materi
    • Mengembangkan instrumen pengukuran
  • Kenapa media digital?
    • Tuntutan zaman
    • Media digital sudah memasuki sendi-sendi kehidupan masyarakat & dampaknya telah terasa bagi masyarakat luas
    • Digitalisasi media pembelajaran: memudahkan untuk memahami, menghayati, dll
    • Digitalisasi menampilkan data secara menarik & andal
    • Pemanfaatan teknologi pembelajaran (media digital):
      • Memudahkan penyampaian materi/bahan ajar
      • Memberikan cara belajar yang bervariasi
      • Membuat proses pembelajaran lebih menarik & tidak membosankan
  • Pendidikan di era digital
    • Adaptif
    • Mengembangkan literasi dasar & literasi digital
    • Pengembangan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi
    • Berorientasi mengasah rasa
  • TPA CK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge)
  • Mengapa perlu media berbasis nilai?
    • Kompetensi / Dimensi PKN -> harus muncul di KI, KD, IPK, IP)
    • KI – 1, 2: Civic disposition
    • KI – 3: Civic knowledge
    • KI – 4: Civic skills
  • Nilai
    • Sesuatu yang abstrak, yang mampu kita kaji & telaah adalah indikator-indikatornya saja (AKDJ, 1985)
    • Tugas utama guru:
      • Menjajagi jenis ragam & tingkat kesadaran nilai-nilai yang ada dalam diri siswa
      • Meluruskan nilai
      • Membina, mengembangkan & meningkatkan nilai-nilai yang ada pada diri siswa
      • Menanamkan nilai-nilai baru
  • Alur pembiasaan budi pekerti (karakter)
    • Diajarkan -> Dibiasakan -> latihan & konsistensi -> menjadi kebiasaan -> menjadi budaya
  • Upaya internalisasi nilai yang terus-menerus tanpa henti-henti dalam kebersamaan — Pelan-pelan akan berhasil tertanam makin lama makin dalam, membentuk sifat, kebiasaan & kepribadian
  • Dengan memberikan teladan sikap kepada anak-anak, yang langsung mereka alami
  • Kriteria media stimulus (cerita) dalam PKN
    • Terjangkau pengetahuan & potensi afektual siswa
    • Membuat nilai/moral yang dilematis
    • Diambil dari kehidupan/peristiwa nyata
    • Menarik perhatian

PENILAIAN PKN BERBASIS NILAI DALAM PEMBELAJARAN DIGITAL (by Iim Siti Masyitoh)

  • Trend & tantangan pembelajaran era digital?
    • Sumber bahan belajar tersedia dalam bentuk pustaka dan/atau online yang dapat mudah ditemukan
    • Orang berharap untuk dapat belajar & bekerja kapan pun & di mana pun
    • Siswa ingin menggunakan teknologi yang dimilikinya
  • Kaitan Penilaian & Proses Pembelajaran
    • Tujuan pembelajaran <-> Penilaian <-> Proses pembelajaran
  • Hakikat & tujuan penilaian (assessment)
    • “Suatu proses dalam mengumpulkan informasi & membuat keputusan berdasarkan informasi tersebut” (Ralph Tyler, 1949)
    • Mendorong perubahan perilaku siswa (pengetahuan, sikap, keterampilan)
    • Mendorong siswa untuk berusaha mencapai tujuannya (tujuan pembelajaran)
  • Ruang Lingkup Penilaian
    • Pengetahuan (tes tulis, tes lisan, penugasan)
    • Keterampilan (Tes praktek, Projek, Portofolio)
    • Sikap (observasi, Penilaian diri, Penilaian antar peserta didik, Jurnal)
  • Sistem Penilaian Kurikulum 2013
    • Guru
      1. Penilaian Autentik
        • Waktu: terus menerus (berkelanjutan)
      2. Penilaian Projek
        • Waktu: akhir bab/tema
      3. Ulangan Harian
        • Waktu: setiap proses pembelajaran
      4. UTS/UAS
        • Waktu: setiap semester
    • Sekolah
      1. Ujian Tingkat Kompetensi (bukan UN)
        • Waktu: tiap tingkat kompetensi (bukan UN)
      2. Ujian sekolah
        • Waktu: akhir jenjang sekolah
    • Siswa
      • Penilaian diri
    • Pemerintah
  • Merencanakan Penilaian
    • Apa yang ingin untuk diketahui siswa?
    • Apa yang harus dinilai?
    • Apa pentingnya hal tersebut dinilai?
    • Strategi/instrumen apa yang tepat mengukur kemampuan tersebut?
    • Kapan penilaian tersebut harus dilakukan?
    • Bagaimana siswa mengetahui penilaian berikutnya?
    • Feedback apa yang akan diterima siswa?
    • Bagaimana feedback tersebut disampaikan kembali kepada siswa?
  • Penilaian Berbasis Nilai
    • Nilai menurut Simon (1973)
      • Seperangkat keyakinan & sikap-sikap pribadi seseorang tentang kebenaran
      • Keindahan, & penghargaan dari suatu pemikiran
      • Objek / perilaku yang berorientasi pada tindakan & pemberian arah serta makna pada kehidupan seseorang
      • Nilai mempengaruhi sikap seseorang
      • Sikap —- Ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup seseorang
  • Cakupan Penilaian Sikap pada jenjang SMP/MTS
    • Sikap spiritual: menghargai & menghayati ajaran agama yang dianut …
    • Sikap sosial: jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun, percaya diri
  • Contoh Perumusan Indikator Penilaian Sikap
    • Sikap spiritual:
      • Berdoa sebelum & sesudah belajar
      • Menjalankan ibadah tepat waktu
    • Sikap sosial:
      • Jujur (perilaku yang dapat menunjukkan dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, & perbuatan)
        • Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian
      • Disiplin
        • Datang tepat waktu
  • Pemanfaatan Teknologi dalam Penilaian Berbasis Nilai
    • Memanfaatkan teknologi digital akan menghemat waktu & Sumber Daya
  • Tahapan Pengembangan Penilaian berbasis Nilai
    • TARGET KONIMONO (Konsep, Nilai, Moral, Norma)
      • Konsep: Fakta, data, peristiwa
      • Nilai: + –
      • Moral: + –
      • Norma: agama, Hukum, Pancasila, adat istiadat, etika, estetika, kesopanan, kesusilaan, dll